Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana, Jokowi Minta Menteri Kompak

Antara ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:33 WIB
Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana, Jokowi Minta Menteri Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019). Pada kesempatan itu Jokowi memberikan arahan kepada para anggota kabinet yang baru.

Jokowi mengatakan, dalam membangun Indonesia yang besar, kementerian dan lembaga tidak bisa bekerja sendiri. Kementerian dan lembaga juga diminta jangan mengedepankan ego sektoral.

"Kerja kita tim, bukan kerja menteri per menteri, bukan kerja sektoral," ujar Jokowi dalam sambutan pembukaan saat rapat kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Menurutnya, semua kementerian harus mengordinasikan kementerian di bawahnya. Dia mengungkapkan, ada mantan pembantu Presiden yang ternyata tidak pernah datang ke suatu kementerian koordinasi.

Padahal, dibutuhkan kerja sama yang erat dalam menyukseskan pembangunan Indonesia ke depan. "Bagaimana kita bisa mengonsolidasi, bagaimana bisa berkoordinasi jika diundang rapat oleh menko tidak pernah hadir," ucapnya.

Dia mengingatkan, visi misi ke depan yang dibawa kementerian merupakan visi misi Presiden bersama Wakil Presiden. Para menteri harus menyelesaikan persoalan dalam rapat hingga tuntas dan kompak.

"Kalau sudah diputuskan di dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi. Silakan ramainya di dalam rapat. Mau debat di dalam rapat, saya dengarkan," katanya.

Dalam rapat Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan dihadiri seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju.


Editor : Kurnia Illahi