Polemik Larangan Gunakan Cadar dan Celana Cingkrang, Jokowi Minta ASN Patuhi Aturan

Antara · Jumat, 01 November 2019 - 21:45:00 WIB
Polemik Larangan Gunakan Cadar dan Celana Cingkrang, Jokowi Minta ASN Patuhi Aturan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari polemik rencana penerapan aturan larangan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan cadar dan bercelana cingkrang di lingkungan kerja. Jokowi tidak menyatakan mendukung atau tidak terhadap rencana aturan tersebut.

Dia hanya meminta agar ASN mematuhi semua aturan yang diterapkan institusi pemerintah. Termasuk aturan menyangkut cara berpakaian ASN.

"Tetapi di sebuah institusi, kalau memang itu ada ketentuan cara berpakaian, ya harus dipatuhi," ujar Jokowi dalam acara diskusi mingguan dengan wartawan kepresidenan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Di sisi lain dia menilai cara berpakaian merupakan ranah pribadi. Menurutnya, setiap orang memiliki selera masing-masing dalam berpakaian.

"Kalau saya ya yang namanya cara berpakaian itu sebetulnya pilihan pribadi, pilihan personal atau kebebasan pribadi setiap orang," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan rencana melarang penggunaan cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah. Pertimbangan rencana penerapan aturan tersebut demi keamanan.

Meskipun masih dalam dalam kajian, kata Fachrul Razi aturan itu sangat mungkin direkomendasikan Kementerian Agama (Kemenag).

Editor : Kurnia Illahi