Prabowo Bawa Isu Laut China Selatan dalam Pertemuan Menhan Negara ASEAN

Riezky Maulana ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 09:17:00 WIB
Prabowo Bawa Isu Laut China Selatan dalam Pertemuan Menhan Negara ASEAN
Menhan Prabowo Subianto membawa isu Laut China Selatan dalam Pertemuan ADMM Plus (Foto: Kementerian Pertahanan)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri 8th ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) plus secara virtual di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Rabu (16/6/2021). Pertemuan ini dipimpin oleh Chairman Menhan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Major General (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Prabowo mengawali sambutan resminya dalam pertemuan ini dengan menyapa Menhan negara-negara ADMM-Plus, mulai dari Menhan Australia Peter Dutton, Menhan Tiongkok Jenderal Wei Fenghe, Menteri Pertahanan India Shri Rajnath Singh, Menhan Jepang Kishi Nobu, hingga Menhan Amerika Serikat Lloyd J Austin.

Dia turut menyampaikan terima kasih, atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, penghargaan yang sebesar-besarnya atas respon yang cepat dan bantuan nyata setelah kejadian tragis tengtelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402. Respon cepat dari negara-negara mitea membuktikan kegunaan dan efektivitas dari ADMM Plus.

"ADMM Plus telah terbukti menjadi forum dan instrumen yang nyata dan efektif yang benar-benar dapat memecahkan masalah-masalah mendesak dalam penanggulangan bencana, bantuan kemanusiaan dan insiden seperti yang Indonesia alami sendiri,” tutur Prabowo dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (17/6/2021).

Dia menuturkan, harus disadari ASEAN adalah bagian dari kawasan Indo-Pasifik di mana lebih dari separuh penduduk dunia tinggal. Kemudian sebesar 70 persen dari output ekonomi dunia diproduksi, dan dua pertiga dari seluruh kegiatan ekonomi dunia terjadi kawasan Indo-Pasifik.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: