Prabowo Jadi Menteri Terpopuler dan Dianggap Paling Berkinerja Baik di Kabinet Jokowi

Felldy Utama ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 16:00 WIB
Prabowo Jadi Menteri Terpopuler dan Dianggap Paling Berkinerja Baik di Kabinet Jokowi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Hasil survei Indobarometer menunjukkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto jadi menteri yang paling dikenal oleh masyarakat. Bahkan, mantan pesaing Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 itu juga dinilai sebagai menteri dengan kinerja paling baik. 

Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari menyampaikan, tidak hanya sampai di tingkat kepuasan presiden dan wakil presiden, lembaganya juga mengukur tingkat popularitas menteri Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, nama Prabowo keluar sebagai menteri yang paling dikenal publik. 

“Dikumpulkan namanya terbanyak Prabowo Subianto 18,4 persen, kemudian Sri Mulyani 10,6 persen, lalu pendatang baru yang lain Erick Tohir 8,2 persen, dan ada menteri rasa Wapres mahfud MD 7,9 persen,” kata Qodari saat memaparkan hasil surveinya di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020). 

Tak hanya itu, Indobarometer juga mengukur penilaian publik terhadap kinerja selama 100 hari dari menteri Jokowi. Lagi-lagi, hasilnya menunjukkan Prabowo menjadi menteri yang memiliki kinerja paling baik.  

“Pertama Prabowo Subianto, Sri Mulyani, Erick Tohir, Mahfud MD, Nadiem Makarim, Basuki Hadi Mulyono, Syahrul Yasin Limpo, Tito Karnavian, Muhadjir Effendi, dan seterusnya,” kata Qodari. 

Menurut dia, setidaknya ada sejumlah alasan yang membuat publik menilai Prabowo melaksanakan tugasnya dengan baik. Misalnya, Prabowo dinilai memiliki wibawa dalam memimpin, orangnya dikenal tegas, menguasai permasalahan di bidangnya, dan cocok sesuai keahliannya. 

Qodari pun berkelakar, penilaian yang baik dari masyarakat ini bisa saja menjadi bekal politik yang baik pula bagi ketua umum Partai Gerindra tersebut untuk maju kembali sebagai capres di Pemilu 2024 mendatang. 

“Jadi kalau melihat data ini, bisalah saya katakan keputusan Pak Prabowo untuk masuk kabinet adalah keputusan yang tepat. Artinya panggung politiknya terus bertahan sampai 2024,” tutur dia.


Editor : Ahmad Islamy Jamil