Pramono: Kongres PDIP Akan Tunjuk Ketua Harian, Megawati Tetap Ketua Umum

Abdul Rochim ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 16:56 WIB
Pramono: Kongres PDIP Akan Tunjuk Ketua Harian, Megawati Tetap Ketua Umum

Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung. (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Megawati Soekarnoputri kemungkinan besar kembali terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam kongres yang digelar pada 8-10 Agustus 2019 di Bali. Dalam kongres nanti, PDIP juga akan memilih ketua harian dan wakil ketua umum.

Politikus senior PDIP Pramono Anung mengatakan, selama ini partainya di bawah kepemimpinan Megawati dari waktu ke waktu bisa mempertahankan kemenangan.

"Karena memang Bu Mega sebagai pemersatu dari partai yang mempunyai ideologi, kenapa sampai hari ini dan tentunya dalam kongres nanti kemungkinan besar Bu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi ketua umum," ujar Pramono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Saat ini mayoritas kader PDIP masih menginginkan Megawati sebagai ketua umum. Dia menyampaikan, proses pemilihan ketua umum di PDIP berbeda dengan partai yang lain. Sistem pemilihan ketua umum diusulkan dari bawah (buttom up).

Sementara mengenai meknisme pemilihan ketua harian dan wakil ketua umum akan diusulkan oleh setiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Sampai saat ini ada sejumlah nama yang berpeluang besar untuk diusulkan mengisi posisi tersebut.

Namun, dia enggan mengungkapkan secara detail. Dia juga enggan menanggapi ketika disinggung dua nama trah Soekarno, yaitu Prananda Prabowo dan Puan Maharani. "Nanti kita lihat. Kita tunggu," katanya.

Editor : Kurnia Illahi