Presiden Jokowi Diberi Gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara, Ini Maknanya

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 27 September 2022 - 11:01:00 WIB
Presiden Jokowi Diberi Gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara, Ini Maknanya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar kehormatan adat dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara hari ini, Selasa (27/9/2022). (Foto: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar kehormatan adat dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara hari ini, Selasa (27/9/2022). Jokowi resmi menjadi karabat dan sesepuh daerah eks Kesultanan Buton dengan nama La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

Penganugerahan gelar tersebut diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dalam penganugerahan gelar tersebut, Presiden mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam. 

Sebelum penyematan kopiah dan tongkat, perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal menjelaskan makna gelar tersebut.

“Gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia; rendah hati; sopan santun; arif dan bijaksana; jujur dan adil; bertanggungjawab; memberi teladan dan panutan serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia),” kata La Ode Muhamad Arsal, Selasa (27/9/2022).

Usai penganugerahan itu, masyarakat dan perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton menitipkan pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi.

“Agar Bapak La Ode Joko Widodo senantiasa tetap menjaga marwah bekas Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di mana pun berada,” ucap La Ode Muhamad Arsal.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa atas gelar Kesultanan Buton yang diterimanya.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara,” tutur Presiden.

Setelah mengikuti proses penganugerahan gelar tersebut, Presiden menyapa warga yang telah menantinya dan juga membagikan kaos. Terdengar warga memanggil Presiden dengan gelar tersebut. Presiden pun tersenyum ketika dipanggil dengan gelar barunya tersebut.

"La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara" ujar salah seorang warga memanggil Presiden.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda