Presidensi G20, Indonesia Perhatikan Negara Berkembang dan Kelompok Rentan

Raka Dwi Novianto ยท Rabu, 15 September 2021 - 05:00:00 WIB
Presidensi G20, Indonesia Perhatikan Negara Berkembang dan Kelompok Rentan
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. (Foto: Kemlu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut pada Presidensi G20, Indonesia sebagai tuan rumah bakal memperhatikan kepentingan negara berkembang dan kelompok rentan. Sebab, keduanya merupakan DNA politik luar negeri Indonesia.

"Indonesia tidak hanya akan memperhatikan kepentingan anggota G20, namun juga kepentingan negara berkembang dan kelompok rentan ini merupakan DNA politik luar negeri Indonesia," kata Menlu Retno dalam jumpa pers secara daring, Selasa (14/9/2021).

Retno menyatakan, Indonesia secara konsisten telah menjadi bagian dari solusi menjembatani perbedaan dan selalu menyuarakan kepentingan negara berkembang. "Peran ini akan kami lanjutkan pada saat Indonesia memegang Presidensi G20," ujarnya.

Nanti, tutur Retno Marsudi, Indonesia bakal memberikan perhatian besar kepada negara berkembang di Asia, Afrika, Amerika Latin, termasuk negara-negara kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia. 

"Kami juga akan merangkul keterlibatan berbagai kalangan, perempuan, pemuda akademisi dunia usaha dan parlemen," tutur Menlu.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3