Prinsip Ekonomi dan Contohnya, Ciri-Ciri serta Manfaat

Chalimatu Sadiyah Aljauza ยท Minggu, 30 Oktober 2022 - 13:01:00 WIB
Prinsip Ekonomi dan Contohnya, Ciri-Ciri serta Manfaat
prinsip ekonomi dan contohnya (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Apakah kalian tahu seperti apa prinsip ekonomi dan contohnya? Jika belum, simak materinya di bawah ini lengkap dengan ciri-ciri beserta manfaatnya agar semakin paham.

Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang perilaku, etika, dan moral yang tidak bisa dipisahkan dari disiplin ilmu lainnya. Ilmu ekonomi memberikan pelajaran tentang nilai-nilai yang harus ditaati oleh manusia dalam melakukan interaksi ekonomi.

Kegiatan ekonomi adalah setiap langkah yang dilakukan oleh manusia dalam perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi pada dasarnya dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian. 

Pengertian Prinsip Ekonomi dan Contohnya

Prinsip-prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh. Prinsip ekonomi merupakan usaha dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu ingin memperoleh hasil maksimal. 

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

>Selalu berhemat
>Selalu menentukan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu atau kebutuhan yang mendesak dan diurutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak penting
>Bertindak dengan rasional dan ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang
>Bertindak dengan prinsip bahwa pengeluaran biaya menyesuaikan dengan hasil yang didapatkan

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda