PSI Tolak Perda Syariah, Eggi Sudjana: Ini Sama Saja Seperti PKI

Sindonews ยท Kamis, 15 November 2018 - 09:31 WIB
PSI Tolak Perda Syariah, Eggi Sudjana: Ini Sama Saja Seperti PKI

Sikap PSI yang menolak Perda Syariah jika lolos Parlemen dianggap sama seperti PKI.

JAKARTA, iNews.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menolak Perda Syariah dan Perda Injil jika lolos Parlemen. Buntutnya, pernyataan partai pimpinan Grace Natalie itu menuai polemik.

Ketua Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni 212, Eggi Sudjana menilai pemikiran PSI tersebut tidak layak dikembangkan di Indonesia. Apalagi, pemikiran tersebut dianggap bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45 sehingga memiliki pemahaman yang salah.

"Maka dia tidak layak tumbuh berkembang partai ini. Ini sama saja seperti PKI," kata Eggi saat dihubungi wartawan, Rabu (14/11/2018).

BACA JUGA: PSI: Titik Terang Itu Bernama Joko Widodo

Politikus PAN ini menganggap, PSI tidak mengerti struktur hukum di Indonesia seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 dan Pancasila. "Dalam sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, dalam Pasal 29 Ayat (1) dasar negara Republik Indonesia adalah Ketuhanan Yang Maha Esa," ujarnya.

Eggi menjelaskan, Tuhan Yang Maha Esa dimaksudkan di sini adalah Allah sebagaimana tertuang dalam Mukadimah UUD 1945 berkat Rahmat Allah sehingga kemerdekaan bangsa Indonesia bisa dicapai. "Pembentukan UU di tingkat nasional adalah presiden dan DPR, kalau daerah gubenur, kalau kabupaten bupati dan wali kota. Kalau terus dia melarang seperti itu dia mengerti hukum atau tidak," ujarnya.

Dalam kasus ini, Eggi mengingatkan kepada kader-kader PSI agar sadar apa yang mereka lakukan salah. Menurut diaa, meski kader-kader PSI ada yang muslim, namun bertahan di partai yang anti-Islam maka termasuk golongan orang-orang yang tidak beriman.

Atas dasar hal tersebut, dia mendesak kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk segera bersikap dan merekomendasikan kepada pemerintah agar membubarkan partai yang dipimpin Grace Natalie ini. "Karena MUI penjaga agama di negeri ini dalam konteks umat Islam. Sementara ada partai yang menyerang kita malah boleh," katanya menegaskan.

Pernyataan itu dilontarkan Ketua Umum PSI Grace Natalie pada perayaan Festival11 di ICE BSD, Pagedangan, Tangerang, Minggu (11/11/2018). Menurut Grace, PSI akan konsisten memerangi intoleransi di tanah air, termasuk menolak adanya Perda Syariah dan Injil di Aceh maupun di Papua.


Editor : Djibril Muhammad