Punya Rumah di Jabodetabek, Gelandangan yang Mangkal di Tanah Abang Dipulangkan

Antara ยท Senin, 27 April 2020 - 14:30 WIB
Punya Rumah di Jabodetabek, Gelandangan yang Mangkal di Tanah Abang Dipulangkan

Ilustrasi (AFP)

JAKARTA, iNews.id - Fenomena gelandangan atau tuna wisam sering muncul saat Ramadan. Kemunculan para gelandangan sempat dikira sebagai bagiaj dari karyawan yang terkena PHK akibat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu mengatakan 25 orang tunawisma yang terjaring operasi pada Sabtu malam (25/4) sudah dipulangkan ke domisili asalnya masing-masing usai difasilitasi selama satu malam di GOR Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Semua sudah pulang ke rumah masing-masing. Mereka punya rumah kok," kata Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Para tunawisma yang terjaring  Satpol PP Tanah Abang itu banyak yang berasal dari luar daerah seperti Bogor, Tangerang, dan Cirebon.

Mereka difasilitasi makanan untuk sahur dan berbuka puasa serta tempat tidur darurat yang digelar di dalam GOR Karet Tengsin.

Masing-masing tempat tidur diberikan jarak sekitar dua meter sesuai dengan anjuran jaga jarak fisik yang harus diterapkan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meski begitu, Yassin mengatakan memang tersisa dua orang lagi yang masih menginap di GOR Karet Tengsin namun bukan bagian dari tunawisma yang terjaring operasi pada Sabtu (25/4).

"Itu memang kemarin ada sisa dua. Belum saya cek apakah masih di situ atau gimana. Keduanya ditangani Dinas Sosial," kata Yassin.

Sebelumnya, GOR Karet Tengsin pada Sabtu (25/4) dini hari menampung sebanyak 55 orang tunawisma beserta dua orang anak kecil dari hasil razia penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Yassin mengatakan tunawisma yang terjaring merupakan bagian dari fenomena menjelang Ramadan 1441 H.

Selama Ramadan, banyak warga dari luar kawasan Jakarta datang untuk meminta-minta bantuan di kawasan-kawasan yang ramai dikunjungi salah satunya pusat perbelanjaan di Tanah Abang.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq