Quraish Shihab: Saat Ini Kesempatan Baik Tadarus Al Quran Bersama Keluarga

Antara · Jumat, 24 April 2020 - 13:51:00 WIB
Quraish Shihab: Saat Ini Kesempatan Baik Tadarus Al Quran Bersama Keluarga
Cendekiawan Muslim, Quraish Shihab. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Ramadan 2020 yang tiba di masa pandemi virus corona dinilai menjadi saat tepat melaksanakan berbagai ibadah bersama keluarga di rumah. Termasuk tadarus Al Quran bersama istri dan anak.

Pesan itu disampaikan Cendekiawan Muslim, Qquraish Shihab dalam video telekonferensi yang disiarkan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan para orang tua mengajarkan Al Quran kepada anak-anaknya.

"Tadarus di masa Ramadan sekarang justru menjadi kesempatan sangat baik untuk dilaksanakan bersama anak, istri, dan keluarga di rumah," ucapnya.

Menurutnya banyak umat Muslim keliru mengartikan tadarus dengan berlomba-lomba membaca Al Quran di masjid. Dia mengatakan tadarus bukan sekadar membaca Al Quran tetapi memahami dan mempelajarinya dengan saling berinteraksi.

Dia mencontohkan zaman dahulu sahabat Nabi Muhammad SAW berkumpul dan berdiskusi serta tadarus sampai memahami isi kandungan ayat Al Quran. Menurutnya para sahabat tak membahas ayat lain sebelum paham betul.

"Hal seperti itu jauh lebih baik daripada sekadar membaca dan menamatkan Al Quran di masjid," katanya.

Selain itu dia berharap masyarakat terus mengikuti anjuran pemerintah untuk berkegiatan dan beribadah di rumah selama pandemi corona. Menurutnya anjuran pemerintah harus ditaati karena tidak bertentangan dengan agama.

Editor : Rizal Bomantama