Quraish Shihab: Kebijakan Pemerintah Tangani Corona Tak Bertentangan dengan Agama

Felldy Utama · Jumat, 24 April 2020 - 13:27:00 WIB
Quraish Shihab: Kebijakan Pemerintah Tangani Corona Tak Bertentangan dengan Agama
Cendekiawan muslim, Quraish Shihab. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat Indonesia yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan diminta senantiasa mengikuti anjuran pemerintah demi mencegah penyebaran corona. Saat ini pemerintah terus mengimbau masyarakat berkegiatan di rumah saja, termasuk dalam beribadah.

Cendekiawan Muslim, Quraish Shihab mengatakan pemerintah dibantu ahli di bidang kesehatan mengetahui secara pasti penanganan virus corona. Dia meminta masyarakat mengikuti aturan yang telah dibuat selama tidak bertentangan dengan agama.

"Selama apa yang diperintahkan tidak bertentangan dengan tujuan agama menjadi kewajiban warga untuk mengikuti kebijakan pemerintah yang didukung okeh para ahli," kata Quraish dalam konferensi pers secara virtual di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/2/2020).

Mantan Menteri Agama (Menag) ini mengatakan anjuran pemerintah kepada masyarakat yang terbaik saat ini yaitu berdiam diri di rumah. Langkah ini dipercaya ampuh memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Ia menyarankan agar umat Islam mengisi kegiatan di rumah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Apalagi, saat ini mayoritas masyarakat Indonesia tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

"Yang terbaik sekarang adalah di rumah. Lakukan aneka aktivitas yang sesuai dengan nilai-nilainya," ujarnya.

Menurutnya, bagi masyarakat khususnya umat Islam yang tidak mengikuti anjuran pemerintah, maka dia bisa dikatakan berdosa. Oleh karena itu, dia mengajak agar masyarakat taat atas anjuran itu sekalipun dirasa berat menjalankannya.

"Sehingga bisa dikatakan, berdosalah mereka yang melanggar ketetapan itu. Berdosalah mereka yang tidak mengikuti ketentuan-ketentuan itu. Karena apa yang ditetapkan tidak bertentangan dengan ajaran agama," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama