Quraish Shihab soal Video Ceramah UAS: Meski Tak Salah, Saya Akan Minta Maaf

Aditya Pratama ยท Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:12 WIB
Quraish Shihab soal Video Ceramah UAS: Meski Tak Salah, Saya Akan Minta Maaf

Quraish Shihab. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Cendikiawan muslim dalam ilmu Alquran Quraish Shihab turut berkomentar terkait viralnya video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) di media sosial. UAS sebelumnya menyebut tidak akan meminta maaf terkait video ceramah yang dianggap menghina agama lain.

Quraish mengatakan, jika berada di posisi UAS termasuk dengan fenomena video ceramah tersebut maka akan langsung meminta maaf. "Meski tidak salah, tidak ada yang tersinggung, saya akan minta maaf," ujarnya di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Quraish menilai, seharusnya video ceramah UAS tidak perlu dipersoalkan secara luas. Lebih baik persoalan tersebut diselesaikan dengan duduk bersama agar lebih bijaksana.

"Itu pertemuan antarpihak-pihak yang berselisih, itu hindari dahulu deh kepolisian," kata mantan menteri agama pada Kabinet Pembangunan VII ini.

"Perlu duduk bersama, mencari titik temu. Saya yakin bahwa muslim atau agama apapun selalu bisa bertemu. Jadi duduklah bersama, bertemu saling maaf memaafkan, saling meminta maaf," ujarnya.

Quraish berharap Ustaz Abdul Somad tidak mengulang hal yang sama. "Jangan sampai terulang hal yang sama. Ucapan itu terserah dari masing-masing, dari saya, saya anggap berlebihan," ucapnya.


Editor : Djibril Muhammad