Rakornas Penanggulangan Bencana, Luhut: Hampir Seluruh Desa di Indonesia Rawan Tsunami

Binti Mufarida ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 11:14:00 WIB
Rakornas Penanggulangan Bencana, Luhut: Hampir Seluruh Desa di Indonesia Rawan Tsunami
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan hampir seluruh desa di Indonesia rawan tsunami. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2021 secara virtual, Kamis (4/3/2021). Dalam rapat tersebut Luhut mengingatkan seluruh masyarakat harus sadar jika wilayah Indonesia rawan bencana.

Bahkan Luhut menegaskan hampir seluruh desa di Indonesia rawan terhadap bencana tsunami. Dia pun memaparkan jumlah desa di seluruh Indonesua berdasarkan data Badan Pusat Statistik ada 83.931 desa di 34 provinsi.

“Seluruh desa di Indonesia hampir semua rawan terdampak tsunami. Jadi ayo para gubernur, teman-teman bupati, ayo kita hati-hati,” katanya.

Dia pun mengimbau agar mitigasi bencana selalu menjadi program kepala daerah, terutama yang wilayahnya berisiko tinggi. Menurutnya jangan sampai masyarakat lengah hanya karena dalam kurun waktu tertentu tidak terjadi bencana.

“Jangan sekali lagi karena (tsunami) tidak ada, setahun tidak ada, atau tiga tahun tidak ada, lantas besok tidak ada. Besok bisa ada, ataupun setelah ini pun bisa ada. Karena tidak ada yang bisa mengatur gempa ini,” ucap Luhut.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2