Ramalan Eyang Ibung Kebetulan Terjadi, BMKG: Gempa Tidak Dapat Diprediksi

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 03 Agustus 2019 - 15:45 WIB
Ramalan Eyang Ibung Kebetulan Terjadi, BMKG: Gempa Tidak Dapat Diprediksi

Akun Facebook Eyang Ibung sang peramal gempa. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menekankan peristiwa gempa bumi merupakan fenomena yang belum dapat diprediksi. Pernyataan ini mengklarifikasi ramalan-ramalan gempa yang ramai beredar di media sosial.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa tidak bisa diprediksi oleh siapapun, termasuk kapan, di mana dan berapa kekuatannya.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, namun waspada dan tidak percaya kepada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Sabtu (3/8/2019).

Lebih penting lagi, kata dia, masyarakat harus bisa melakukan langkah-langkah mitigasi. Selalu siap sebelum, saat dan setelah terjadi gempa, sehingga bisa meminimalisasi korban jiwa.

Lalu, bangunan rumah juga diharapkan sesuai dengan konstruksi aman gempa. Dia menyarankan agar warga memiliki perabotan-perabotan yang kuat dan dapat menjadi tempat perlindungan sementara saat terjadi gempa.

"Siapkan jalur evakuasi yang aman di lingkungan tempat tinggal Anda, selanjutnya, terus berlatih untuk evakuasi mandiri, dan tmonitor informasi resmi dari BMKG," katanya.

Sebelumnya, warganet sedang ramai membicarakan sosok Eyang Ibung. Sebuah akun Facebook, namun sudah membuah heboh jagat media sosial karena telah meramalkan gempa.

Baru-baru ini, postingan akun Eyang Ibung pada Sabtu (3/8/2019) meminta masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) lebih waspada hingga Sabtu sore.

"Mohon maaf ya bukan memprediksi akan terjadi gempa untuk wilayah NTB, tetapi harus waspada, perbanyak solat," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal