Rayakan Idul Fitri, Ketua DPR: Ini Hari Kemenangan dari Perjuangan Bangsa yang Pantang Menyerah

Carlos Roy Fajarta ยท Senin, 02 Mei 2022 - 09:31:00 WIB
Rayakan Idul Fitri, Ketua DPR: Ini Hari Kemenangan dari Perjuangan Bangsa yang Pantang Menyerah
Ketua DPR RI Puan Maharani melaksanakan Salat Id, Senin (2/5/2022). (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR, Puan Maharani, memaknai momen Idul Fitri tahun ini sebagai hari kemenangan dari perjuangan bangsa Indonesia yang pantang menyerah terhadap tantangan apapun termasuk pandemi Covid-19.  

Menurut dia, selama 2 tahun terakhir, bangsa Indonesia khususnya umat Muslim harus berjuang menahan diri dari tradisi perayaan Idul Fitri yang identik dengan kebersamaan dan silaturahmi. Adanya PPKM membatasi ruang gerak masyarakat untuk mudik dan bersilaturahmi saat momen lebaran

Namun di tahun ini, untuk pertama kalinya umat Muslim Indonesia dapat melaksanakan salat id berjamaah bahkan mudik ke kampung halaman, seiring dengan makin terkendalinya pandemi Covid-19
 
Hal itu, lanjut Puan, tak terlepas dari perjuangan seluruh elemen bangsa, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Hari ini kita rayakan kemenangan sebagai buah dari perjuangan. Hari ini kita rayakan kebersamaan sebagai syukur atas keselamatan dan kesehatan. Hari ini kita melangkah sebagai bangsa yang penuh berkah. Bangsa yang pantang menyerah,” kata Puan, di Jakarta, Senin (2/5/2022).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini juga mengucapkan selamat merayakan Hari Kemenangan dalam kebersamaan kepada seluruh umat muslim. 

“Saya, Puan Maharani mengucapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin,” ujar Puan, Senin (2/5/2022).

Di hari yang penuh berkah ini, cucu Proklamator RI Bung Karno itu meminta masyarakat agar terus memupuk tali persaudaraan. Menurut Puan, silaturahmi harus terus dijaga sekalipun pandemi Covid-19 membuat adanya sejumlah batasan.

“Jangan sampai pandemi Covid membuat jarak persaudaraan kita. Manfaatkan momen Idul Fitri untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, kolega, teman, dan orang-orang terdekat,” ungkap Puan.

Kepada masyarakat yang mudik, Puan pun berharap agar dapat memanfaatkan kesempatan untuk kembali mempererat silaturahmi dengan saudara. Apalagi sudah dua tahun sejak pandemi melanda, masyarakat tidak bisa mudik.

Meski begitu, Puan mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan penyebaran virus Covid-19. Ia menekankan untuk selalu disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Jangan pernah abai karena Covid masih ada. Disiplin diri sendiri adalah bentuk peduli kepada orang-orang yang kita cintai. Selamat berkumpul dengan keluarga dan sahabat,” tutur Puan.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda