Reaktif Hasil Rapid Test, KPK Pindahkan Hendrisman Rahim ke RS

Riezky Maulana ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 18:39 WIB
Reaktif Hasil Rapid Test, KPK Pindahkan Hendrisman Rahim ke RS

Dirut PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantan Korupsi (KPK) benarkan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim reaktif virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui saat hasil pemeriksaan rapidnya disampaikan oleh tim dokter saat sedang menjalankan sidang di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Rabu (1/7/2020). 

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Hendrisman merupakan salah satu tahanan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) yang dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK. 

"Terkait dengan informasi tahanan atas nama Hendrisman yang diduga reaktif hasil rapid test Covid-19 bahwa benar. Tahanan tersebut dalam kasus Jiwasraya yang ditangani Kejagung dan tahanan dititipkan di rutan KPK di rutan Pomdam Jaya Guntur," ucap Ali kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Ali mengatakan, saat ini terhadap yang bersangkutan telah dilakukan penanganan lanjutan. Menurutnya, Hendrisman langsung dibawa ke Rumah Sakit Adhyaksa Jakarta Timur guna melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

"Benar dilakukan rapid test oleh Kejaksaan Agung dan hasilnya reaktif. Saat ini langsung dilakukan penanganan lebih lanjut dg dibawa ke RS Adhyaksa untuk dilakukan test swab," katanya.

Lebih lanjut kata Ali, untuk sementara waktu, tempat penahanan akan dipindah. Hendrisman juga akan melakukan isolasi mandiri di Rutan cabang KPK di Gedung AntiCorruption Learning Center (ACLC) Kavling C1.

untuk diketahui, lembaga antirasuah melalui unit Koordinasi Supervisi Penindakan (Korsupdak) memfasilitasi Tim Penyidik dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejagung untuk menitipkan tahanannya di Rutan KPK. Selain Hendrisman, ada dua tersangka lain dari kasus ini yang ditahan.

Kedua tersangka adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro atau dikenal Benny Tjokro dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat. Heru Hidayat ditahan di Rutan KPK Kavling C1. Sementara, Beny Tjokro di Rutan KPK Kavling K4.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq