Relawan Ungkap Kendala Penyaluran Bantuan Korban Gempa di Cianjur

Raka Dwi Novianto ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:54:00 WIB
Relawan Ungkap Kendala Penyaluran Bantuan Korban Gempa di Cianjur
Ilustrasi Tim SAR mencari korban gempa Cianjur. (FOTO: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Founder Sekolah Relawan, Bayu Gautama mengungkapkan kendala para relawan yang bertugas di Cianjur. Salah satunya yakni banyaknya para masyarakat yang ingin membagikan langsung bantuan ke tempat bencana secara pribadi. 

"Kalau di dekat dengan ibu kota berarti ada masyarakat-masyarakat yang antusias untuk menyampaikan langsung bantuan sehingga itu menyebabkan kemacetan," kata Bayu dalam diskusi Polemik MNC Trijaya secara daring, Sabtu (3/12/2022).

Bayu pun meminta kepada stakeholder terkait, agar dapat membuat regulasi untuk pendistribusian bantuan agar tidak semua bantuan diserahkan langsung oleh masyarakat.

"Ke depan semoga pihak-pihak terkait, stakeholder utama seperti misalnya BNPB atau pemerintah dalam hal ini bisa melakukan regulasi yang itu menyetop seluruh yang tidak berkepentingan. Bukan tidak berkepentingan artinya ini lebih bisa diatur lagi sehingga tidak menyulitkan tim di lapangan," tuturnya.

Terkait prioritas utama, tim relawan fokus evakuasi dan bantuan medis bagi korban gempa. Setelahnya melakukan koordinasi untuk memetakan lokasi dengan stakeholder terkait.

"Jadi kita saling memetakan, dan kita di mana, melakukan apa dan jika nanti membantu mensupport teman-teman yang kekurangan," kata Bayu.

Bayu menceritakan pada awal informasi beredar mengenai gempa di Cianjur, dirinya bersama relawan lain langsung bergegas menuju ke titik bencana. Dirinya tidak menunggu jumlah korban atau kerusakan akibat gempa, dan memilih ke titik lokasi bencana langsung.

"Begitu kejadian dan liat rilis dari BMKG dan kejadiannya dangkal dan didarat sudah langsung gak perlu nunggu kabar ada korban berapa ada kerusakan kita harus udah langsung siap mengirimkan tim," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda