Rentetan Gempa Bumi Guncang Jawa Tengah, BMKG: Berpusat di Gunung Telomoyo

Ariedwi Satrio ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 10:54:00 WIB
Rentetan Gempa Bumi Guncang Jawa Tengah, BMKG: Berpusat di Gunung Telomoyo
BMKG menyebut rentetan gempa bumi yang terjadi di Jawa Tengah pada Sabtu (23/10/2021) dini hari berpusat di Gunung Telomoyo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - BMKG mencatat terjadi delapan rentetan gempa bumi di daerah Jawa Tengah pada Sabtu (23/10/2021) dini hari hingga pagi ini. Gempa yang cukup kuat dirasakan di wilayah Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa dengan Magnitudo 3,0 pada pukul 00.32 WIB.

"Hari Sabtu, 23 Oktober 2021 dini hari pukul 00.32 WIB wilayah Kota Salatiga, Banyubiru, Bawen,  Dan Ambarawa di Jawa Tengah diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG dalam menunjukkan bahwa gempa ini memiliki magnitude 3,0," kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Daryono menjelaskan, gempa tersebut terletak pada koordinat 7,296 LS dan 110,38568 BT, tepatnya di darat pada jarak 13 km arah  barat laut Kota Salatiga dengan kedalaman hiposenter 6 km. Gempa dangkal tersebut diduga kuat berasal dari sesar aktif Merbabu Merapi Telomoyo.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Diduga kuat sumber gempa sesar aktif yang menjadi pemicu gempa ini adalah Sesar Merbabu Merapi Telomoyo," tuturnya.

Berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG, tampak bahwa dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Ambarawa, Salatiga, Banyubiru, dan Bawen dalam skala intensitas II MMI. Di mana, guncangan tersebut dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: