Resmikan Bendungan Tukul Pacitan, Jokowi: Ini Beri Manfaat Besar untuk 600 Hektare Sawah

Okezone, Puteranegara Batubara ยท Minggu, 14 Februari 2021 - 13:16:00 WIB
Resmikan Bendungan Tukul Pacitan, Jokowi: Ini Beri Manfaat Besar untuk 600 Hektare Sawah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul di Desa Tukul, Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Ia berharap bendungan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, saya resmikan pada hari ini," kata Jokowi dalam jumpa pers yang dilansir melalui akun resmi YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Setelah itu, Jokowi menekan tombol sirine sebagai simbol peresmian aktifnya bendungan tersebut sekaligus melakukan penandatanganan prasasti Bendungan Tukul. 

Jokowi menyebut bendungan tersebut memiliki peran sangat penting untuk mengendalikan banjir, mengairi sawah atau irigasi dan penyediaan air baku sebanyak 300 liter per detik.

"Bendungan ini bisa berikan manfaat sangat besar yaitu 600 hektare sawah sehingga tingkatkan indek pertanaman, dari biasanya satu kali, satu kali tanam padi, dan satu kali tanam palawija menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. Insya Allah nanti sudah bisa diliat dan dilakukan," kata Jokowi.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda