Ribka Tjiptaning Bikin Geger Usai Tolak Vaksin Covid-19, Ini Tanggapan PDIP

Abdul Rochim · Rabu, 13 Januari 2021 - 16:26:00 WIB
Ribka Tjiptaning Bikin Geger Usai Tolak Vaksin Covid-19, Ini Tanggapan PDIP
Ilustrasi vaksin. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pernyataan politikus PDIP Ribka Tjiptaning yang menolak disuntik vaksin Covid-19 dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan, Selasa (12/1/2021) Budi Gunadi Sadikin menjadi viral. Pernyataan anggota Komisi IX DPR itu bertolak belakang dengan program vaksinasi Covid-19 yang mulai dilakukan pemerintah.

Tayangan berdurasi 03.44 detik itu viral di media sosial. Sontak pernyataannya memicu polemik di masyarakat.

"Saya tetap tidak mau divaksin. Maupun semua usia boleh divaksin dan anak cucu saya di Jakarta denda Rp5 juta karena menolak vaksin, mending gue bayar," kata Ribka seperti yang dikutip dalam video TV Parlemen, Rabu (13/1/2021).

Ribka beralasan Bio Farma sebagai lembaga kesehatan yang menangani vaksin Sinovac belum memaparkan hasil uji klinis yang ketiganya. Dia pun mencontohkan beberapa kasus vaksin yang tidak jelas uji klinisnya. 

Seperti misalnya vaksin polio untuk anti polio di Sukabumi malah lumpuh layu. Kemudian anti kaki gajah di Majalaya meninggal 12 orang karena ditolak dibeberapa negara dan di Indonesia diterima dengan harga Rp1,3 Triliun.

Ribka pun bertanya kepada Menteri Kesehatan Budi Sadikin yang hadir perihal vaksin mana yang akan diberikan gratis. Sebab, dia menerima informasi ada lima macam jenis vaksin yang berbeda harga. Mulai dari Rp100.000 hingga Rp2 Juta.

"Pasti yang gratis yang murah untuk orang miskin," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq