Romy Terjerat Korupsi, TKN: Jokowi Dukung Proses Hukum di KPK

Aditya Pratama · Jumat, 15 Maret 2019 - 18:55 WIB
Romy Terjerat Korupsi, TKN: Jokowi Dukung Proses Hukum di KPK

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily. (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin prihatin dengan penangkapan terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Romy). TKN menghormati proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan, asas praduga tidak bersalah harus dijunjung tinggi dalam penanganan kasus Romahurmuziy. Pemerintah tidak mengintervensi proses hukum di KPK.

"Kita hormati penegak hukum untuk bekerja tanpa intervensi. Kita harus hormati asas praduga tak bersalah," ujar Ace di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Dia menuturkan, Jokowi mendukung penuh setiap upaya hukum yang dilakukan oleh KPK. Semua orang sama kedudukannya di mata hukum, termasuk Romahurmuziy.

BACA JUGA:

Romy Ditangkap KPK, Ma'ruf Amin: Masalah Pribadi

TKN Pastikan Kasus Romy Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin

"Bahkan Pak Jokowi menyampaikan dengan tegas 13 Maret lalu tidak ada alasan untuk benarkan korupsi. Tidak ada alasan bagi kita untuk menunda aksi berantas korupsi," ucapnya.

Romy dan empat orang lainnya ditangkap KPK di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). Penangkapan dilakukan setelah terjadi transaksi uang yang melibatkan penyelenggara negara.

KPK memastikan di antara lima orang itu terdapat anggota DPR. Selain itu ada unsur swasta dan pejabat di Kantor Wilayah Kemenag.


Editor : Kurnia Illahi