Saatnya Beraksi, Lindungi Keanekaragaman Biota Laut Indonesia

Sekar Paring Gusti ยท Senin, 05 Desember 2022 - 12:25:00 WIB
Saatnya Beraksi, Lindungi Keanekaragaman Biota Laut Indonesia
YKAN mengadakan kegiatan Misi Lestari bertema #MissionOfTheOcean guna mengajak masyarakat untuk peduli laut dan menjaga kelestarian keanekaragaman biota laut. (Foto: dok YKAN)

JAKARTA, iNews.id – Untuk kali kedua, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menyelenggarakan kegiatan Misi Lestari. Tahun ini, dengan mengangkat tema #MissionOfTheOcean (MOTO), YKAN mengajak masyarakat untuk peduli laut dan menjaga kelestarian keanekaragaman biota laut Indonesia.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi, dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli pada alam melalui aktivitas keseharian yang edukatif. Tema “Mission of The Ocean” selaras dengan gerakan global yang didorong Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Januari 2021, yang mendeklarasikan ‘Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2021-2030’ guna mendukung upaya praktik pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

Menjadi negara kepulauan, dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan dan menopang kehidupan bagi lebih dari 60 persen penduduk Indonesia. Dalam rangka mendukung Pemerintah Indonesia mengelola wilayah perairan Indonesia secara berkelanjutan, YKAN bersama mitra kini bekerja di Raja Ampat, Papua Barat, Rote, Nusa Tenggara Timur, Bali, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Berau di Kalimantan Timur.

Ekosistem laut dan pesisir yang sehat menjadi tumpuan penghidupan dan kesejahteraan rakyat, sekaligus menjadi salah satu modal alam utama dalam upaya mitigasi perubahan iklim berbasis alam.

“Terumbu karang, ladang lamun, hingga hutan mangrove yang ada di pesisir pantai berperan sebagai penyerap karbon. Ketika terumbu karang, ladang lamun, dan mangrove terjaga, biota laut lainnya pun bisa tetap lestari,” ujar Fisheries Program Planning Manager YKAN Laksmi Larastiti.

Laut Indonesia yang kaya ini, kini harus berhadapan dengan fenomena perubahan iklim, praktik penangkapan ikan berlebihan, pengembangan kawasan pesisir maupun praktik penghidupan masyarakat pesisir yang tidak ramah lingkungan. Misi untuk melestarikan alam, utamanya adalah ekosistem laut dan pesisir pun sejatinya ditanggung setiap insan Indonesia, yang kini bisa dilakukan melalui berbagai medium, seperti Misi Lestari.

Misi untuk laut Indonesia

“Mission of The Ocean” menjadi misi kolektif untuk menata kembali koneksi antara manusia dan laut, demi mewujudkan laut yang sehat.

“Kegiatan Misi Lestari, yang mengusung konsep 4 pilar, yaitu Environment, Educate, Engage, dan Entertain merupakan salah satu cara bagi YKAN mengajak masyarakat luas terlibat dalam upaya konservasi ekosistem laut. Ajakan ini dilakukan lewat kegiatan menyenangkan dengan unsur olahraga, yaitu lari,” kata Project Director Misi Lestari Astrid Candrasari.

Melanie Putria, sosok yang kini dikenal memiliki antusiasme tinggi dengan olahraga lari pun mengatakan, “Lari adalah olahraga luar ruang yang juga bisa menjadi cara untuk menjaga lingkungan. Seperti yang kita lihat, saat kita berlari, entah itu saat berada di area car free day di tengah kota atau di pantai, sering ada banyak sampah plastik. Saya punya kebiasaan, saat berlari biasanya juga sambil memunguti sampah sampai tas saya penuh. Bagi saya, masalah lingkungan adalah masalah kita bersama, mengenai masa depan kita.”

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda