Salurkan Bantuan untuk Pekerja Seni Terdampak Covid-19, Ini Pesan Bamsoet

Riezky Maulana ยท Senin, 27 Juli 2020 - 16:46 WIB
Salurkan Bantuan untuk Pekerja Seni Terdampak Covid-19, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR, Bamsoet saat menyalurkan bantuan untuk pekerja seni terdampak covid-19 di TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (27/7/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi covid-19 membuat hampir semua sektor industri terkena dampak negatif, tidak terkecuali para pekerja seni. Ada beberapa langkah yang dinilai dapat membantu para pekerja seni melalui masa sulit ini.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan, setidaknya para pekerja seni dapat mencoba untuk merambah ke platform digital. Menurutnya hal itu akan membuat pekerja seni tetap produktif di tengah pelarangan acara pentas seni.

"Platform digital ini luar biasa, di masa pandemi ini seharusnya banyak yang menonton tv nasioanal, minimal TVRI. Tetapi yang mengambil keuntungan adalah platform digital. Menurut saya para seniman juga harus masuk ke pembuatan film-film yang ditayangkan di platform digital," kata Bamsoet di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2020).

Bamsoet menyebut beberapa contoh platform digital yang banyak diakses masyarakat selama pandemi covid-19. Menurutnya di sela kegiatan di rumah, masyarakat pasti menyempatkan diri menikmati video atau tayangan via online.

"Begitu juga tayangan film-film pendek yang sekarang sedang digandrungi oleh anak-anak kita, kemudian sifatnya harus edukasi," ucapnya.

Dia pun mencotohkan anak-anaknya di rumah. Saat berada di rumah, kebanyakan anak dari Bamsoet sudah tidak lagi menonton televisi. Bamsoet mengatakan anak-anaknya menikmati berbagai tayangan lewat internet.

"Saya punya anak delapan dan rata-rat di kamarnya itu saya tidak pernah lihat mereka nonton televisi lagi. Sudah empat atau tiga tahun ini mereka sibuk dengan ponselnya masing-masing," ucapnya.

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga mengingatkan para orangtua untuk lebih mengawasi penggunaan ponsel oleh anak-anaknya. Menurutnya jauh lebih mudah mengawasi tontonan anak lewat televisi dibanding di ponsel

"Karena informasi yang positif harusnya bisa didapat dari televisi. Sementara kan kalau dari handphone kita tidak bisa mengontrol tayangan apa yang dia tonton," katanya.

Dia mengatakan, para pekerja seni tidak bisa dikesampingkan begitu saja di tengah perkembangan teknologi. Menurutnya, para seniman ini merupakan benteng pertahanan terakhir kebudayaan Indonesia.

"Tetap mempertahankan nilai-nilai Indonesia dari modernisasi yang luar biasa mengancam keutuhan kita," ujarnya.

Dalam acara itu Bamsoet juga menyalurkan bantuan 500 paket sembako untuk komunitas seniman pekerja seni mitra TVRI, forum wartawan hiburan, pensiunan drama musik TVRI, dan komunitas musisi Cafe Jakarta yang terdampak covid-19. Paket sembako tersebut berasal dari donasi konser virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo', yang diselenggarakan MPR RI pada Minggu (17/5/2020).

Editor : Rizal Bomantama