Sandang Baret Ungu, 499 Prajurit Korps Marinir Siap Diproyeksikan ke Seluruh Indonesia

Reza Fajri ยท Minggu, 27 November 2022 - 03:09:00 WIB
Sandang Baret Ungu, 499 Prajurit Korps Marinir Siap Diproyeksikan ke Seluruh Indonesia
Upacara pembaretan prajurit Korps Marinir TNI AL (dok. Dispen Kormar)

JAKARTA, iNews.id - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto resmi menyematkan baret ungu kepada 499 prajurit bintara dan tamtama remaja Korps Marinir Angkatan XLI gelombang II. Pembaretan dilakukan di Pantai Baruna, Malang, Jawa Timur, Jumat (24/11/2022).

Sebanyak 499 prajurit Korps Marinir ini nantinya siap diproyeksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelum menyandang baret ungu khas Korps Marinir, mereka telah lulus dari Komando Pendidikan (Dikko) Korps Marinir Kodiklatal. Mereka juga menyelesaikan kursus di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) yakni selama satu bulan di Puslatpurmar-4 Purboyo untuk tamtama remaja dan Puslatpurmar 3 Grati untuk bintara remaja.

"Dengan prosesi upacara pembaretan menandakan secara sah menyandang baret ungu sebagai prajurit Korps Marinir sekaligus bagian keluarga besar Koprs Marinir TNI AL, momentum tersebut sekaligus menjadi titik awal pengabdian kepada negara dan bangsa," tulis keterangan resmi Dispen Kormar, Sabtu (26/11/2022).

Prosesi pembaretan disebut merupakan bagian dari implementasi pewarisan nilai-nilai luhur yang diturunkan dari generasi ke generasi. Pembaretan memiliki nilai historis dalam perjalanan karier dan kehidupan seorang prajurit Korps Marinir.

Mayjen Widodo menyampaikan, upacara pembaretan merupakan salah satu bentuk kegiatan tradisi Korps Marinir. Pemakaian baret ungu Koprs Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit tetapi mengamanahkan adanya tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan Korps.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda