Satgas Covid-19 Apresiasi Kabupaten Puncak Jaya dan Lampung Timur Masuk Zona Kuning

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 29 September 2020 - 18:07 WIB
Satgas Covid-19 Apresiasi Kabupaten Puncak Jaya dan Lampung Timur Masuk Zona Kuning

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito. (Foto: Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memuji dua kabupaten yang berhasil masuk ke zona kuning dari sebelumnya oranye terkait kasus penularan pandemi virus corona (Covid-19). Kabupaten tersebut yakni Puncak Jaya di Papua dan Lampung Timur di Lampung.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam keterangan pers di Istana Negara Jakarta, seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

"Kami apresiasi kepada Puncak Jaya di Papua dan Lampung Utara di Lampung yang telah berhasil menekan risiko penularannya sehingga berpindah ke zona kuning. Mohon agar ini dapat dipertahankan," ujarnya.

Satgas Covid-19, Wiku mengungkapkan, Kabupaten Puncak Jaya dan Lampung Timur sebelumnya masuk dalam 10 kabupaten/kota yang berada di zona oranye. Sedangkan 8 kabupaten/kota sisanya masih berada di zona oranye.

Kabupaten tersebut yakni Maybrat di Papua Barat dan Halmahera Barat (Maluku Utara), Bulukumba (Sulawesi Selatan) dan Kabupaten Minahasa Tenggara (Sulawesi Utara). Selain itu ada Kabupaten Sukamara di Kalimantan Tengah, Kabupaten Nias Utara (Sumatra Utara), Kabupaten Yalimo (Papua) dan Kabupaten Sinjai (Sulawesi Selatan).

"Mohon daerah-daerah ini agar dapat meningkatkan penanganan Covid-19," ucap guru besar kesehatan masyarakat Universitas Indonesia (UI) ini.

Wiku juga meminta, ke-8 kabupaten tersebut agar terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Satgas Penanganan Covid-19. "Agar dapat menerima bantuan dalam rangka meningkatkan zonasinya menjadi lebih baik," katanya.

Editor : Djibril Muhammad