Satgas Covid-19 Sebut Keterlambatan Data Jadi Penyebab Penambahan Kasus Harian Tinggi

Dita Angga, Sindonews ยท Selasa, 19 Januari 2021 - 21:08:00 WIB
Satgas Covid-19 Sebut Keterlambatan Data Jadi Penyebab Penambahan Kasus Harian Tinggi
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut penambahan kasus harian yang sangat tinggi karena terlambatnya data yang masuk. Keterlambatan ini membuat laporan kasus menumpuk.

“Kenaikan penambahan kasus harian yang sangat tinggi bahkan tertinggi semenjak kasus covid-19 pertama masuk ke Indonesia salah satunya disebabkan verifikasi data yang terlambat masuk. Sehingga menyebabkan penumpukan pada pelaporan data di beberapa daerah,” katanya saat konferensi pers, Selasa (19/1/2021).

Diketahui penambahan kasus harian sempat mencapai angka 14.000. Ini penambahan kasus tertinggi sejak pandemi covid-19 di Indonesia.

Wiku mengatakan pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki keadaan ini. Kementerian Kesehatan tengah memilah antara data yang memang sebenarnya masuk tanggal 11-17 Januari dengan data yang terlambat masuk dari minggu-minggu sebelumnya.

“Kedepannya Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah harus terus memperbaiki integrasi data covid 19 sehingga mengurangi gap dan delay data pusat dan daerah,” ujarnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2