Satgas: Pemilu di Beberapa Negara Tak Signifikan Naikkan Kasus Covid-19

Dita Angga ยท Jumat, 04 Desember 2020 - 02:15:00 WIB
Satgas: Pemilu di Beberapa Negara Tak Signifikan Naikkan Kasus Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto dok BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar pada Desember 2020. Sejumlah kekhawatiran muncul karena Pilkada digelar saat pandemi Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan dari data Our World in Data dan penelitian oleh Council of Foreign Relation pada September 2020 disebutkan pemilu tidak signifikan meningkatkan kasus Covid-19. Hal ini terlihat dari pelaksanaan pemilu di beberapa negara.

“Beberapa negara  tidak menunjukan dampak yang signifikan dari pelaksanaan pemilu terhadap kenaikan aksus positif covid-19.  Negara-negara tersebut adalah negara Kroasia, Republik Dominika, Malawi, Maladonia Utara, Korea Selatan serta Trinidad dan Tobago di wilayah kepulauan Karibia,” katanya saat konferensi pers, Kamis (3/12/2020).

Namun memang beberapa negara yang mengalami kenaikan kasus yang signifikan setelah pemilu digelar. Wiku menyebut hal tersebut karena ada faktor lain.

“Namun di beberapa negara seperti di Belarus, Polandia Serbia dan Singapura terjadi tren peningkatan kasus setelah pemilu yang juga disebabkan oleh faktor lain,” katanya.

Penyebab yang menjadi faktor lain kenaikan kasus di negara-negara tersebut antara lain terjadinya demonstrasi lanjutan pasca pemilu di Belarus. 

Lalu adanya pelonggaran aktivitas sosial ekonomi di Singapura dan Polandia. Kemudian ditemukan kasus yang tidak dilaporkan di Serbia setelah pemilu, sehingga terjadi peningkatan setelah proses perbaikan pencatatan dan pelaporan data.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda