Satu Tahanan KPK Positif Covid-19, Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Raka Dwi Novianto ยท Senin, 28 September 2020 - 19:52 WIB
Satu Tahanan KPK Positif Covid-19, Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara penindakan KPK, Ali Fikri. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, salah satu tahanannya dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Satu orang tahanan tersebut kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara penindakan KPK, Ali Fikri mengonfirmasi soal informasi tersebut. "Informasi yang kami terima dari Karutan, benar ada 1 orang tahanan di Rutan Pomdam Jaya Guntur yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini masih dalam perawatan di RSPAD Jakarta," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (28/9/2020).

Ali masih enggan mengungkapkan siapa tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebagai upaya pencegahan, Rutan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Setiabudi.

"Untuk tindakan lebih lanjut terhadap tahanan lain yang ada indikasi kontak erat dengan yang bersangkutan," ucapnya.

KPK, kata Ali, untuk sementara menunda pemeriksaan dan penyidikan tahanan yang berada di Pomdam Jaya Guntur. "Sedangkan untuk persidangan yang tidak bisa ditunda akan diupayakan via online dengan posisi terdakwa dari Rutan Pomdam Jaya Guntur," katanya.

Berdasarkan data KPK telah diperoleh hasil tes sebanyak 1.898 orang. Dengan rekap hasil swab test sementara di lingkungan KPK (pegawai KPK dan pihak-pihak terkait) sejak Maret hingga 18 September 2020 total terkonfirmasi positif 115 orang.

Total sembuh dari Covid-19 33 orang. Sedangkan total positif yang masih menjalani perawatan/isolasi mandiri 81 orang. Mereka terdiri atas 54 pegawai KPK dan 27 orang dari pihak-pihak terkait. Total yang meninggal dunia 1 orang (diagnosa akhir Non-Covid) almarhum Pandu HS.

Editor : Djibril Muhammad