Sebut BRIN Bakal Jadi Lembaga Sendiri, Jokowi: Sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan

Antara ยท Selasa, 20 April 2021 - 21:23:00 WIB
Sebut BRIN Bakal Jadi Lembaga Sendiri, Jokowi: Sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan
Presiden Joko Widodo mengatakan BRIN akan menjadi lembaga tersendiri terpisah dari kementerian. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap rencana menjadikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai lembaga tersendiri dan lepas dari Kementerian Riset Teknologi (Kemenristek) yang akan dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jokowi menegaskan perombakan BRIN merupakan amanat undang-undang.

Undang-undang yang dimaksud yaitu UU Nomor 11 tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Jokowi mengatakan BRIN dibentuk untuk menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan (Litbang Kirap) serta invensi dan inovasi nasional.

“BRIN Ini kan amanat dari undang-undang” ucap Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Dia menjelaskan maksud dan tujuan pemisahan BRIN dari kementerian yaitu agar proses penelitian serta pengembangan lebih produktif dan terintegrasi. Menurutnya pemerintah akan fokus membangun pondasi BRIN terlebih dahulu dengan dimulai dari infrastruktur, kemudian sumber daya manusia (SDM).

“Kita bangun pondasinya, infrastrukturnya, lalu SDM, dan masuk ke riset, inovasi serta teknologi," kata Presiden.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2