Sejarah Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia, Berawal dari Kongres di Roma Italia 

Alifia Gita Riani · Senin, 10 Oktober 2022 - 13:10:00 WIB
Sejarah Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia, Berawal dari Kongres di Roma Italia 
Ilustrasi. 10 Oktober merupakan peringatan anti-hukuman mati. (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Oktober merupakan bulan yang dipenuhi oleh berbagai macam peristiwa dan juga peringatan, baik bagi bangsa Indonesia maupun dunia. Salah satu peristiwa yang diperingati pada bulan Oktober adalah Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia setiap 10 Oktober.

Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia yang diperingati dunia pada 10 Oktober ini ditetapkan pada sebuah kongres yang diadakan di Roma pada Mei 2002 oleh organisasi-organisasi yang menentang hukuman mati.

Hukuman mati dianggap sebagai salah satu hukuman yang paling kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat. Oleh karena itu, banyaknya yang menentang hukuman mati dalam semua kasus tanpa terkecuali terlepas dari kejahatan yang dilakukan baik bersalah atau tidak.
 
Diperingatinya Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia bertujuan untuk menyatukan gerakan abolisionis global dan memobilisasi masyarakat sipil, pemimpin politik, pengacara, opini publik, dan lainnya untuk mendukung seruan penghapusan hukuman mati secara universal. Hari peringatan itu mendorong dan mengonsolidasikan kesadaran politik dan umum dari gerakan di seluruh dunia melawan hukuman mati. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda