Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap dari Kekalahan Jepang hingga Proklamasi

Kezia Veronica Corne · Senin, 08 Agustus 2022 - 16:03:00 WIB
Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap dari Kekalahan Jepang hingga Proklamasi
Sejarah Kemerdekaan Indonesia

JAKARTA, iNews.idSejarah kemerdekaan Indonesia dipelajarai dalam di bangku sekolah. Peristiwa ini berlangsung dari momen kekalahan Jepang hingga pembacaan teks proklamasi.

Kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Untuk mencapai kemerdekaan, terdapat perjalanan panjang yang harus ditempuh. Bagaimana sejarahnya? Berikut sejarah singkat kemerdekaan Indonesia yang telah tim iNews.id rangkum.

Bagaimana Sejarah Kemerdekaan Indonesia?

  • Kekalahan Jepang Oleh Sekutu

Sejarah kemerdekaan Indonesia diawali dari kekalahan Jepang dari sekutu. Kekalahan Jepang disebabkan oleh pengeboman dua kota penting di Jepang oleh Amerika Serikat.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, kota Nagasaki di bom oleh Amerika Serikat. Kemudian tanggal 9 Agustus 1945, pengeboman dilakukan kembali oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima.

Peristiwa tersebut menyebabkan penurunan moral tentara Jepang yang ada di seluruh dunia. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 1945 jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

Peristiwa kekalahan tersebut diketahui oleh para pemuda melalui siaran radio BBC (Inggris). Selanjutnya para pemuda tidak membuang-buang waktu untuk segera membicarakan kemerdekaan Indonesia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda