Sekeluarga Tewas di Kalideres Tak Terkait Sekte Tertentu

Erfan Ma'ruf ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 20:22:00 WIB
Sekeluarga Tewas di Kalideres Tak Terkait Sekte Tertentu
Kasus sekeluarga tewas di Kalideres dipastikan tak terkait sekte tertentu. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sosiolog agama dilibatkan dalam penyelidikan kasus sekeluarga tewas di Kalideres. Kematian keluarga tersebut dipastikan bukan karena mengikuti sekte tertentu.

Ahli sosiologi agama, Jamhari hanya menemukan sejumlah buku dan surat Alquran di tempat kediaman rumah yang semuanya beragama Kristen. 

"Mereka bukan penganut sekte apalagi apokaliptik. Mereka orang normal yang bisa meninggal secara wajar karena penyakit dan lain-lain," kata Jamhari, dalam konferensi pers, pada Jumat (9/12/2022).

Hal itu disampaikan Jamhari berdasarkan beberapa fakta saat penyelidikan, salah satunya anggapan keluarga yang tertutup dan mengisolasi diri di rumahnya.

"Ini ternyata bukan hal yang baru. Karena setelah dirunut, mereka memang cenderung tertutup dan mengisolasi diri. Ditambah lagi situasi pandemi," tutur Jamhari.

Terkait dengan temuan polisi adanya buku dari berbagai agama di dalam rumah. Jamahri meyakini tidak ada hal yang aneh dari buku tersebut.

Jika dilihat dari kategori agama yang ada, buku-buku tersebut berisi tentang agama Kristen, Islam, dan Budha. Menurut Jamhari, buku paling banyak merupakan buku yang berkaitan dengan Islam.

Setelah dilihat dibaca, Jamhari menyimpulkan tidak ada yang aneh dan istimewa dari buku itu. Pasalnya, kata dia, buku bisa ditemukan dan dibeli di tempat umum.

"Saya kira ini bukan menunjukkan bahwa mereka sedang mengkaji suatu pemahaman sekte atau keagamaan tertentu," kata Jamhari.

Soal temuan adanya sejumlah tulisan mantra dalam sejumlah lembar kertas, Jamhari juga menepis dugaan penganut sekte tertentu.

Menurut Jamhari, tulisan mantra tersebut tertulis ayat Alquran disertai dengan minuman jeruk nipis. Temuan itu, kata Jamhari, merupakan ramuan obat biasa yang disertai doa untuk penyembuhan keluarga itu.

Jamhari menuturkan hampir semua tulisan yang ditemukan itu berbahasa Arab karena menggunakan huruf hijaiyah. Selain itu, juga banyak ayat Alquran dalam lembaran yang ditemukan.

"Misalnya, ada satu ayat Alquran yang diambil dari surat Yusuf yang biasanya dipakai untuk memperlancar jodoh, supaya mendapatkan kharisma aura supaya melancarkan jodoh," kata Jamhari.

Dengan begitu, Jamhari menyimpulkan ritual yang dilakukan keuarga ini bukan hal aneh. Pasalnya, orang di luar sekte pun diyakini juga melakukan ritual seperti yang dilakukan seperti mereka.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda