Sekolah di Jawa Barat Diinstruksikan Hentikan Rapat Komite hingga Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi

Tika Vidya Utami ยท Kamis, 15 September 2022 - 09:13:00 WIB
Sekolah di Jawa Barat Diinstruksikan Hentikan Rapat Komite hingga Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi
Ilustrasi sekolah. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Berdasarkan instruksi terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2022 tentang Komite Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Dupendi menginstruksikan seluruh SMA hingga SLB Negeri se-Jawa Barat ini untuk menghentikan rapat komite. Menurut Dedi sosialisasi Pergub tersebut perlu dimaksimalkan guna tidak terjadi gagal paham.

Berita terpopuler lainnya adalah hasil lengkap Liga Champions dini hari tadi. Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Kamis (15/9/2022):

1. Seluruh Sekolah di Jawa Barat Diinstrusikan Hentikan Rapat Komite

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi menginstrusikan seluruh SMA, SMK, SLB Negeri se-Jawa Barat menghentikan rapat komite. Instruksi tersebut dikeluarkan menyusul terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2022 tentang Komite Sekolah. 

Dedi Supandi mengatakan komite sekolah tidak gagal paham tentang isi pergub tersebut. Menurutnya, sosialisasi Pergub tersebut perlu dimaksimalkan guna tidak terjadi gagal paham. Dengan memaksimalkan sosialisasi, seluruh unsur pendidikan, baik kepala cabang dinas, kepala sekolah, komite sekolah, orang tua hingga peserta didik dapat memahami maksud, tujuan hingga aturan rapat komite. 

Menurut Dedi, pergub Komite Sekolah bukan payung hukum untuk meminta sumbangan serta bantuan kepada orang tua siswa, melainkan harus menjadi landasan mewadahi partisipasi masyarakat guna meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah. 

Pengurus serta anggota komite sekolah harus mengacu kepada pergub, khususnya yang terdapat pada Bab II terkait penggalangan dana serta sumber daya pendidikan lain harus bertujuan mendukung terlaksananya program peningkatan akses serta mutu pendidikan. 

Pergub tentang Komite Sekolah terbit pada 19 Agustus 2022 dan diterapkan pada Tahun Ajaran 2022-2023. Pergub tersebut sebagai upaya antisipasi pungutan liar (pungli) di sekolah tingkat SMA, SMK, SLB Negeri di Jabar. 

2. Hasil Lengkap Liga Champions Dini Hari Tadi

Hasil pertandingan liga Champions pada Rabu (14/9/2022) malam WIB hingga Kamis (15/9/2022) dini hari WIB sudah diketahui. Terdapat beberapa kejutan yang terjadi. Salah satunya di Grup H, Juventus menelan kekalahan 1-2 dari Benfica. 

Ini merupakan kekalahan kedua Si Nyonya Tua di Liga Champions musim ini usai sebelumnya ditaklukan  Paris Saint Germain 1-2. Pindah ke Grup G, Manchester City juga menang comeback 2-1 atas Borussia Dortmund. Berikut hasil lengkap liga Champions dini hari tadi, AC Milan 3-1 Dinamo Zagreb,  Shakhtar Donetsk 1-1 Celtic, Rangers 0-3 Napoli, Chelsea 1-1 RB Salzbourg, Real Madrid 2-0 RB Leipzig, Manchester City 2-1 Borussia Dortmund, FC Kopenhagen 0-0 Sevilla, Juventus 1-2 Benfica, Maccabi Haifa 1-3 Paris Saint-Germain. 

3. Fakta Samin Penjaga Sekolah Kehilangan Uang Rp50 Juta Dimakan Rayap

Uang Rp50 juta milik Samin, 53 yang merupakan penjaga sekolah SD Negeri Lodjiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo rusah parah akibat dimakan rayap. Berikut fakta-faktanya, uang yang dimakan rayap tersebut adalah hasil menanbung sekitar 2,5 tahun yang disimpan di tempat celengan berbahan plastik. 

Uang tersebut disimpan di celengan di rak dalam kamar. Diketahui, Samin bekerja sebagai tenaga kontrak yang bertugas menjaga sekolah sehingga tidak menyimpan uang di bank lantaran tidak banyak waktu. Rencananya uang tabungan tersebut untuk mendaftar haji empat anggota keluarganya ke Kementerian Agama.  

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Joko Prastowo menjelaskan alasan uang Samin tidak bisa diganti karena salah satunya ukuran uang. BI dapat mengganti dengan ukuran uang rusak minimal 2/3 dari ukuran penuh. BI meminta Samin menyusun sendiri uangnya yang telah rusak dimakan rayap. Hal ini juga untuk menghindari selisih hitung antara pemohon dengan petugas bank.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda