Sekolah Tatap Muka, Satgas Ingatkan Keselamatan Siswa Harus Diutamakan

Okezone, Fahreza Rizky ยท Rabu, 25 November 2020 - 01:00:00 WIB
Sekolah Tatap Muka, Satgas Ingatkan Keselamatan Siswa Harus Diutamakan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Adisasmito menyebut keselamatan siswa menjadi yang utama saat kegiatan sekolah tatap muka digelar. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memberikan izin kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan mulai Januari 2021. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito mengatakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19 harus mengutamakan keselamatan siswa.

Wiku mengingatkan kegiatan belajar dan mengajar tatap muka di sekolah berpotensi tinggi menyebabkan penularan covid-19. Dia menegaskan protokol kesehatan di sekolah harus diterapkan secara ketat agar tidak menimbulkan klaster baru.

"Terkait penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi, yang perlu kita ingat bersama yaitu keselamatan siswa merupakan yang utama dan harus terus dimonitor," ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. SKB ini ditandatangi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri yang diumumkan pada Jumat (20/11/2020) di Jakarta.

Dalam SKB tersebut dijelaskan kewenangan pemerintah daerah, kantor wilayah, kantor Kementerian Agama untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah dibawah kewenangannya masing-masing mulai semester genap 2021 di bulan Januari tahun 2021.

Untuk sekolah atau institusi pendidikan, sebelum diperbolehkan membuka kegiatan belajar mengajar harus memenuhi daftar periksa. Yaitu memastikan ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun pakai air mengalir atau hand sanitizer dan disinfektan. Selain itu sekolah harus mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, dan memilki alat pengukur suhu badan atau thermogun.

Editor : Rizal Bomantama