Sempat Tertunda akibat Covid-19, Pilkades di Bekasi Digelar 13 Desember 2020

Haryudi ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 15:01 WIB
Sempat Tertunda akibat Covid-19, Pilkades di Bekasi Digelar 13 Desember 2020

Ilustrasi pilkades. (Foto: Istimewa)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 16 desa pada 13 Desember 2020. Pilkades sempat tertunda karena penanganan pandemi Covid-19.

Pilkades serentak 2020 ini sudah disepakati bersama antara Pemkab Bekasi dengan DPRD Kabupaten Bekasi. Namun, untuk proses pencoblosannya, masih dikaji.

"Seharusnya digelar 19 April, karena pandemi Corona. Jadi ditunda hingga Desember mendatang. Keputusan ini hasil rapat bersama stakeholder," ujar Sekretaris Dinas Pemberdataan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Enop Chan, Minggu (23/8/2020).

Enop mengatakan Pemkab Bekasi baru menentukan jadwal pelaksanaan. Teknis pelaksanaan, menurut Enop, masih dikaji dengan mempertimbangkan protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk teknisnya masih dipikirkan, karena hingga saat ini masih dalam keadaan pandemi," katanya.

Untuk anggarannya, lanjut mantan Camat Cibarusah ini, Pemkab Bekasi akan mengajukan ke DPRD Kabupaten Bekasi. Nanti akan dibahas bersama dalam rapat dengan legislatif."Anggaran Pilkades ini akan kami usulkan kembali ke DPRD," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini menyampaikan, sudah mengetahui jadwal pelaksanaan Pilkades tersebut. Namun untuk teknis pemilihannya, ada beberapa opsi yang bisa diterapkan.

Dia menyarankan, untuk memperbanyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades. Tujuanya, untuk mengantisipasi penumpukan orang pada saat pencoblosan berlangsung, mengingat protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

"Opsinya, akan diperbanyak TPS disetiap dusun, agar tidak ada penumpukan orang," kata Ani.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq