Siapa Pengetik Naskah Proklamasi Kemerdekaan? Sosoknya adalah Sayuti Melik

Assyifa Nurul Aini ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:51:00 WIB
Siapa Pengetik Naskah Proklamasi Kemerdekaan? Sosoknya adalah Sayuti Melik
Siapa Pengetik Naskah Proklamasi Kemerdekaan? Ini Sosok Sayuti Melik

Sejarah perjuangan Sayuti Melik dalam pencatatan hasil diskusi dalam perumusan teks proklamasi. Sayuti Melik merupakan sosok yang berjasa, karena beliau sudah mengetik teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berasal dari naskah tulisan tangan Bung Karno.

Hasil isi teks proklamasi yang diketik olehnya kemudian dibacakan Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Oleh karena itu, bangsa Indonesia tidak boleh melupakan jasanya dan harus mengingat segala kebaikannya. 

Sayuti Melik sejak muda sudah aktif tergabung dalam gerakan politik dan jurnalistik. Pada masa pendudukan Jepang, beliau sempat menjadi pemimpin redaksi surat kabar Sinar Baru di Semarang. Kemudian, namanya dikenal sebagai tokoh yang hadir dalam peristiwa perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Pengetikan naskah proklamasi ini dilakukan oleh Sayuti Melik di rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta. Saat mengetik naskah, Sayuti Melik mengganti beberapa kata, seperti kata “tempoh” diubah menjadi “tempo” dan “wakil-wakil bangsa Indonesia” diubah menjadi “atas nama bangsa Indonesia”.

Tokoh-tokoh dalam Penyusunan Naskah Proklamasi

Selain mengetahui jawaban siapa pengetik naskah proklamasi, ketahui juga tokoh-tokoh yang menyusun lainnya, seperti berikut. 

  • Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Subarjo sebagai penyusun teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 
  • Chaerul Saleh, Suharni, Latief Hendraningrat, dan Sayuti Melik. Mereka aktif mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. 
  • Ibu Fatmawati sebagai seseorang yang menjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945, sebagai tanda kemerdekaan Indonesia. 
  • Latief Hendraningrat dan Suhud sebagai pengibar bendera Merah Putih.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda