Singgung Imbauan MUI, Mendes PDTT Ucapkan Salam Lintas Agama di Rakornas Forkopimda

Felldy Utama ยท Rabu, 13 November 2019 - 17:15:00 WIB
Singgung Imbauan MUI, Mendes PDTT Ucapkan Salam Lintas Agama di Rakornas Forkopimda
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri diskusi panel di acara rapat koordinasi nasional (rakornas) bersama Forkopimda, di Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri diskusi panel di acara rapat koordinasi nasional (rakornas) bersama Forkopimda, di Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019). Pada kesempatan itu dia menyinggung soal ucapan salam lintas agama bagi pejabat pemerintah.

Kakak kandung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu mengawali pemaparannya dengan mengucapkan salam lintas agama.

"Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat sore, salam sejahtera untuk kita semua. Om Swastiastu, Namo Budaya, salam kebajikan," ujar Halim dalam salam pembukanya di Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019).

Dia mengaku sempat diingatkan ketika mengucapkan salam lintas agama. Sebagai putra asal Jawa Timur (Jatim), dia dinilai seharusnya mengikuti imbauan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jatim.

"Pak Halim sampeyan orang Jatim, kok salamnya lintas agama? Kan MUI Jatim mengimbau agar pejabat tidak gunakan salam lintas agama," ucapnya.

Dia merasa tidak perlu mengikuti seruan MUI Jatim. Menurutnya, Nahdlatul Ulama (NU) tidak melarang untuk mengucapkan salam lintas agama.

"Saya jawab betul saya orang Jatim, tetapi saya enggak punya kartu anggota MUI yang saya punya kartu anggota NU dan NU membolehkan itu. Enaknya jadi NU," katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: