Soal Jenderal Aktif Ditunjuk Jadi Pj Kepala Daerah, Begini Kata Panglima TNI

Riezky Maulana ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 03:06:00 WIB
Soal Jenderal Aktif Ditunjuk Jadi Pj Kepala Daerah, Begini Kata Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merespons polemik perwira tinggi TNI aktif pangkat jenderal ditunjuk menjadi penjabat (Pj) kepala daerah. Hal ini setelah Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Sulawesi Tengah Brigjen Andi Chandra As'aduddin diangkat Kemendagri menjadi Pj Bupati Seram Barat. 

Panglima menyebut, hal itu merupakan murni keputusan pemerintah. Mabes TNI akan ikut apa pun kepercayaan yang telah diberikan pemerintah

"Ya itu kan keputusan pemerintah. Saya sendiri nanti juga akan melihat. Tapi jelas kalau ini kepercayaan yang diberikan pemerintah, kami pun siap mendukung walaupun juga pasti mengikuti aturannya," ujar Andika kepada wartawan, Rabu (25/5/2022). 

Menurutnya, tim hukum TNI sedang mempelajari lebih lanjut terkait aturan yang berlaku dalam penunjukkan tersebut. Hal itu bertujuan agar apa yang dilakukan seorang perwira dalam menjalankan tugasnya, menuhi aspek legalitas. 

"Aturan sedang kami pelajari, tim hukum dari TNI sudah mempelajarinya sehingga penugasan ini tetap nantinya memenuhi legalitas dan juga memenuhi kepercayaan pemerintah yang diberikan kepada salah satu perwira kami," katanya. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda