Soal Kompor Listrik, Komisi VII DPR Ingatkan Masih Ada Daerah yang Belum Teraliri Listrik

Felldy Utama ยท Selasa, 27 September 2022 - 21:35:00 WIB
Soal Kompor Listrik, Komisi VII DPR Ingatkan Masih Ada Daerah yang Belum Teraliri Listrik
Uji coba, paket kompor listrik bakal dibagikan gratis untuk 300.000 rumah tangga miskin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisi VII DPR mendukung uji coba konversi kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi yang dilakukan Pemerintah. Diharapkan, uji coba tersebut dapat menghasilkan program terbaik untuk rakyat.

“Pada dasarnya DPR terus mendukung rencana pemerintah untuk mengurangi emisi dan mulai beralih untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, salah satunya dengan mengkonversi penggunaan kompor LPG menjadi kompor listrik,” kata anggota Komisi VII DPR, Abdul Kadir Karding, Selasa (27/9/2022).

Walau begitu, Karding mengingatkan agar kebijakan pemerintah memperhatikan kesiapan dari masyarakat. Oleh karenanya, dia setuju dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan kebijakan konversi kompor gas ke kompor listrik tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat, meski program uji coba tetap berjalan.

“Kami mendorong agar uji coba penggunaan kompor listrik kepada masyarakat harus bisa menghasilkan program yang efektif dan tepat guna,” tuturnya.

Menurutnya, ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan peralihan subsidi gas dengan konversi kompor listrik. Termasuk tingkat elektrifikasi di daerah luar Jawa yang belum penuh.

“Kita tidak bisa menutup mata, masih ada daerah yang belum teraliri listrik di mana mayoritas masyarakatnya merupakan target penerima manfaat subsidi kompor listrik,” tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda