Softgun yang Mirip dengan Senjata Asli dan Bisa Dibeli, Ini Jenisnya

Tika Vidya Utami ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 13:55:00 WIB
Softgun yang Mirip dengan Senjata Asli dan Bisa Dibeli, Ini Jenisnya
SS1-V1 Kal. 5,556 MM, Softgun yang Mirip dengan Senjata Asli buatan Pindad

JAKARTA, iNews.id - Softgun yang mirip dengan senjata asli ternyata banyak dicari orang. Di Indonesia sendiri ada senapan yang dimaksud. Apa itu? Cari tahu jenisnya di sini.

Softgun yang Mirip dengan Senjata Asli

Softgun yang mirip dengan senjata asli adalah jenis SS1-V1 buatan PT Pindad. Softgun ini adalah adalah senapan serbu pertama yang diadopsi langsung dari FN NC (Fabrique Nationale Carabine) Belgia.

PT Pindad mempunyai lisensi guna memodifikasi desain awal menjadi lebih ergonomis serta disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. Melansir laman resmi PT Pindad, senapan ini memiliki klasifikasi dengan berat kosong 4,02 kilogram dan berat isi 4,38 kilogram.

Kemudian, untuk cakupan amunisi sebesar 5,56 x 45 millimeter berstandar NATO serta panjang laras 449 milimeter, senjata ini dapat menembak dengan akurat hingga jarak 400 meter. Penggunaan senapan ini semakin mudah dengan popor yang dapat dilipat. 
 
Panjang senapan ini mencapai 997 milimeter. Apabila popor dilipat, panjangnya 753 millimeter. SS1-V1 juga mempunyai laju tembakan 720-760 rpm. Selain itu, tembakan otomatisnya mencapai 120-200 rpm. Sedangkan tembakan tunggalnya mencapai 60 rpm.

Softgun yang mirip dengan senjata asli buatan PT Pindad ini dapat menembus baja penahan pada rompi antipeluru. Diketahui, SS1-V1 digunakan oleh angkatan bersenjata Indonesia serta Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Awalnya, SS1-V1 dirancang untuk dapat diberi tambahan peluncur granat SPG-A1, yang juga merupakan buatan PT Pindad, yang dapat dimasukkan di bawah laras. Senapan ini telah diakui kehebatannya oleh pasukan Amerika Serikat.

Momen tersebut terjadi ketika latihan bersama multilateral The Rim of Pacific, Hawaii pada 2016. Softgun yang mirip dengan senjata asli ini dapat merusak rompi antipeluru pasukan Amerika Serikat. Selain itu, SS1-V1 dapat mengalahkan kemampuan senjata jenis M4 serta Steyr yang digunakan Amerika Serikat.

Sementara itu, softgun yang mirip dengan senjata asli ini sudah diekspor dan dipesan oleh beberapa negara lain, seperti Kamboja dan Uni Emirates Arab (UEA).

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: