Soroti Kekerasan oleh Oknum Polisi, Jokowi Tegur Langsung Kapolri

Dita Angga ยท Minggu, 24 Oktober 2021 - 19:42:00 WIB
Soroti Kekerasan oleh Oknum Polisi, Jokowi Tegur Langsung Kapolri
Presiden Jokowi menegur langsung Kapolri terkait kasus mahasiswa dibanting di Tangerang (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau kinerja polisi dalam melayani masyarakat. Salah satu yang disoroti yakni tindak kekerasan berlebihan kepada sipil.

Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakanJokowi Bahkan  langsung menegur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait aparat polisi yang membanting mahasiswa yang berdemonstrasi di Tangerang. Menurutnya hal ini bukti Jokowi tak antikritik.

“Misalnya dalam kasus mahasiswa di Tangerang itu langsung Presiden menegur Kapolri. Dan kemudian Kapolri langsung yang bersangkutan sekarang ditahan oleh polri. Dua hari lalu kapolri juga mengingatkan seperti itu,” katanya yang dikutip dari kanal Youtube Karni Ilyas Club, Minggu (24/10/2021).

Dia pun meminta masyarakat maupun mahasiswa tidak takut untuk menyampaikan kritik. Menurutnya tidak semua kebijakan pemerintah benar 100 persen. Apalagi menurutnya presiden melindungi hak untuk berkumpul, berpendapat, menyampaikan

“Jangan takut, jangan ragu-ragu untuk melakukan  kritik. Karena tidak pernah sebuah kebijakan pemerintahan 100 persen benar,” ujarnya.

Terkait kasus tersebut, polisi berinisial NP itu dinyatakan melanggar peraturan yang berlaku. NP pun ditahan selama 21 dan juga dimutasi yang bersifat demosi menjadi Bintara Polresta Tangerang tanpa jabatan. Dia juga mendapat teguran tertulis. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: