Sosok Abuya Syar'i, Ulama Karismatik Banten Pemegang Golok Ciomas

Mohammad Yan Yusuf ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 20:12:00 WIB
Sosok Abuya Syar'i, Ulama Karismatik Banten Pemegang Golok Ciomas
Tangkapan layar sosok Abah Abuya Syar`i ulama karismatik Banten. (Foto ist).

SERANG, iNews.id - KH Ratu Bagus Syah Ahmad Syar'i Mertakususuma atau Abuya Syar'i salah satu ulama karismatik di Banten. Kiai sepuh berusia lebih dari seabad tersebut diakui keberadaannya sebagai paku bumi Banten. 

Abuya Syar’i merupakan salah satu murid Syekh Nawawi Al Bantani dan seangkatan dengan Pendiri Nahdlatul Ulama, Hasyim Asy'ari. Kendati demikian tak banyak orang familiar dengan ulama yang identik dengan janggut putih panjang ini. Sebab, Abuya Syar’i jarang tampil di hadapan publik.

Kesehariannya cenderung hanya berdiam di rumah, menerima tamu-tamu, juga mengajar. Mengutip Laduni, banyak tamu yang datang sekedar meminta doa dan barokah darinya.

Abuya Syar'i disebut-sebut sebagai pemegang golok ciomas, golok yang bukan sekedar golok biasa, tapi golok ini merupakan golok prasejarah yang menjadi wasilah terusirnya orang-orang badui saat mereka menyerang Banten.

Sementara dalam akun YouTube Ibnu Syarif Abdul Halim mempostingnya beberapa waktu lalu. Abah Syar'i, panggilan akrab terlihat sehat.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda