Survei Alvara: Kepuasan Publik terhadap TNI Tertinggi, DPR Terendah

Abdul Rochim ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 15:19 WIB
Survei Alvara: Kepuasan Publik terhadap TNI Tertinggi, DPR Terendah

Survei Alvara Research Center menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap TNI menempati persentase tertinggi, yaitu 91,0 persen. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.idAlvara Research Center mengeluarkan hasil survei terbaru mengenai Rapor 5 Tahun Kinerja Pemerintah Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Selain menggambarkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK, survei juga memotret tingkat kepuasan publik terhadap lembaga negara.

Hasilnya, tingkat kepuasan publik terhadap DPR berada di posisi terendah pada angka 66,7 persen, disusul partai politik pada angka 67,6 persen dan MPR 69,9 persen. Berikutnya DPD 73,3 persen, KPU 73,8 persen dan Kejaksaaan Agung 76,9 persen.

Kepuasan publik terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) mencapau 77,6 persen, Mahkamah Agung (MA) 78,0 persen, Polri 78,1 persen, dan KPK 80,0 persen. Kepuasan publik tertinggi diserahkan kepada TNI yang mencapai 91,0 persen.


CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, tingkat kepuasan terhadap lembaga-lembaga ini mencerminkan harapan publik kepada lembaga-lembaga negara tersebut. Semakin rendah tingkat kepuasan maka semakin besar kesenjangan harapan dengan kenyataan.

”Maka di masa mendatang, menjadi kerja besar bagi DPR, Parpol dan MPR untuk dapat meningkatkan kinerjanya agar tidak jauh meninggalkan harapan masyarakat,” ujar Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10/2019).

Survei nasional ini dilakukan pada 12-31 Agustus 2019. Riset menggunakan multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.800 responden berusia 14–55 tahun melalui wawancara tatap muka.

Sampel diambil di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 2,35 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei juga menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja di pengujung Pemerintahan Jokowi–JK mencapai 76,7 persen. Terdapat lima aspek yang mendapat kepuasan tertinggi, yaitu telekomunikasi dan internet, transportasi publik, pendidikan, infrastruktur dan kesehatan.

Adapun lima aspek terendah, yaitu kondisi ekonomi nasional, kesejahteraan tenaga kerja, kemudahan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan stabilitas harga kebutuhan pokok.


Editor : Zen Teguh