Survei Capres 2024: Ganjar Unggul, AHY Lebih Baik dari Gatot Nurmantyo

Abdul Rochim ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 19:07:00 WIB
Survei Capres 2024: Ganjar Unggul, AHY Lebih Baik dari Gatot Nurmantyo
Elektabilitas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) lebih tinggi dibandingkan Menhan Prabowo Subianto berdasarkan survei IPO, Rabu (28/10/2020). (Foto: iNews.id/Okezone).

JAKARTA, iNews.id - Survei terbaru mengenai calon presiden (capres) potensial 2024 menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul. Ganjar kembali mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut survei Indonesia Political Opinion (IPO), Ganjar berada di posisi tertinggi untuk Pilpres 2024 dengan tingkat elektabilitas 17,9 persen. Sementara itu Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas 16,4 persen dan Anies 15,3 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan, posisi Ganjar sesungguhnya tidak terlalu mengejutkan. Ini karena pada survei Juli lalu, gubernur dari PDI Perjuangan itu juga sudah berada di tiga besar.

"Namun, (kini) meningkat ke posisi teratas menjadi 17,9 persen," kata Dedi dalam paparan hasil survei IPO bertajuk "Kinerja Kementerian/Lembaga, Peluang Reshuffle Kabinet dan Potensi Capres 2024", Rabu (28/10/2020) yang digelar secara virtual.

Dedi menjelaskan, meskipun berada di posisi teratas, elektabilitas Ganjar belum setinggi Prabowo pada Juli lalu yang mencapai 18 persen lebih.

Jajak pendapat ini menambah panjang hasil survei capres yang menempatkan Ganjar lebih unggul dari Prabowo dan Anies. Sebelumnya, survei Indikator Politik Indonesia juga menempatkan elektabilitas mantan anggota DPR itu sebagai yang teratas. Ganjar memperoleh 18,7 persen, sementara Prabowo 16,8 persen dan Anies 14,4 persen.

Elektabilitas Ganjar di posisi teratas sebelumnya muncul dalam survei New Indonesia Research & Consulting. Hasil survei juga menunjukkan Ganjar menyalip Prabowo.

Urutan Lengkap

Dalam nama-nama yang disurvei, setelah Ganjar, Prabowo dan Anies terdapat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno (8,8 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6 persen).

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2