Survei Elektabilitas Capres 2024 : Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies

Felldy Utama ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 16:19:00 WIB
Survei Elektabilitas Capres 2024 : Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Dok Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis elektabilitas kandidat calon presiden 2024 mendatang. Hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto teratas dari tokoh lain.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rifan menyampaikan bahwa lembaganya mengukur elektabilitas capres dengan mengajukan 24 nama tokoh yang berpotensial maju di Pilpres 2024. Nama-nama ini berasal dari sejumlah kalangan seperti pimpinan parpol, kepala daerah, menteri, hingga tokoh agama.

BACA JUGA:

"(Hasilnya) Prabowo Subianto (12,5%), Ganjar Pranowo (11,3%), Anies Baswedan (9,3%)," kata Ali dalam paparannya yang dilakukan secara daring, Selasa (8/6/2021).

Tak hanya itu, kata dia ada nama Sandiaga Salahuddin Uno (8,3%), AHY (6,4%), Ridwan Kamil (5,9%), dan Khofifah Indar Parawansa (3,9%).

Ali mengatakan, temuan survei nasional ini menyimpulkan belum ada figur dengan elektabilitas dominan dan eksponensial. Hampir semua figur tingkat keterpilihannya saat ini angkanya masih di bawah 15%. Sementara di saat yang sama ada undecided voters sebanyak 22,2%.

"Artinya, sebagian besar masyarakat ada kecenderungan masih menunggu figur baru yang muncul atau juga dapat diartikan bahwa sebagian masyarakat belum terlalu fokus memikirkan urusan pilpres," ujarnya.

Dia melanjutkan, karena posisi capres belum ada yang unggul secara dominan, maka setiap anak bangsa yang punya modal rekam jejak mumpuni, kapatitas dan integritas teruji punya kesempatan yang sama untuk maju.

"Tentu dengan catatan mendapatkan dukungan partai karena dalam kontestasi pilpres partai menjadi satu-satunya kendaraan dan instrumen seseorang dapat mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: