Survei LSI: TNI Lembaga Paling Dipercaya Publik

Haryudi · Senin, 22 Februari 2021 - 16:11:00 WIB
Survei LSI: TNI Lembaga Paling Dipercaya Publik
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 22 Perwira Tinggi TNI di Mabes TNI, Selasa (26/1/2021). (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut TNI adalah lembaga yang dipercaya oleh masyarakat. Hal tersebut berdasarkan survei LSI pada 25-31 Januari 2021.

Adapun populasi survei ini seluruh warga yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1200 responden sebagai sampel basis. 

Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling). Dilakukan oversample di 11 provinsi masing-masing sebanyak 100 responden, sehingga total sample yang dianalisis pada laporan ini sebanyak 2300 responden. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

"Saat ini TNI paling tinggi tingkat kepercayaannya, kemudian Gubernur, Bupati/Walikota, Presiden, Pemerintah pusat, KPK, Polisi," Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan pers, Senin (22/2/2021).

Menurut dia, lembaga yang paling rendah dipercaya oleh publik adalah partai politik. Tapi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik ini masih positif masih 65 persen. Tidak seperti di Amerika hanya sampai 20 persen," kata Djayadi.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2