Survei LSJ: 34,2 Persen Pendukung Jokowi di 2019 Kini Pilih Prabowo

Muhammad Fida Ul Haq ยท Rabu, 07 Desember 2022 - 18:37:00 WIB
Survei LSJ: 34,2 Persen Pendukung Jokowi di 2019 Kini Pilih Prabowo
Prabowo Subianto (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis survei terkait peta dukungan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di 2019 terhadap tokoh yang masuk bursa capres 2024. Hasilnya, mayoritas pendukung Jokowi memilih Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Peneliti LSJ Iqbal Mawardi memaparkan dilakukan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui ke mana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada Pilpres 2024 nanti.

“Hasilnya, sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto,” kata Iqbal dalam paparan survei secara daring, Rabu (7/12/2022).

Lalu, sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan.

Sisanya yakni 18,6 persen memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

"Hingga kini pendukung Jokowi masih cenderung bersifat cair, namun sebagian besar dari mereka cenderung memindahkan dukungannya pada Prabowo jika Ketua Umum Partai Gerindra maju pada Pilpres 2024 nanti," ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa perolehan tersebut mengindikasikan bahwa sinyal-sinyal dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dalam berbagai kesempatan cukup efektif mempengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan jelang Pilpres 2024.

“Sedangkan bagi para pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial untuk menjadi calon wakilpresiden (cawapres) mendampingi Prabowo,” kata dia.

Secara elektabilitas, Prabowo masih tertinggi sebesar 32,3 persen. Sementara, Anies di peringkat kedua dengan elektabilitas 20,5 persen dan Ganjar di peringkat ketiga dengan elektabilitas 19,7 persen.

"Sejak survei LSJ bulan Januari 2022, Prabowo selalu berada dalam posisi teratas dan elektabilitasnya terus meningkat," ujarnya.

Menyusul di peringkat keempat, ditempati oleh Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 7,8 persen. Disusul, AHY 4,7 persen, Erick Thohir 3,8 persen, Sandiaga Uno 2,9 persen, Puan Maharani 2,5 persen, Airlangga Hartarto 2,2 persen dan Muhaimin Iskandar 1,1 persen

Untuk diketahui, survei LSJ dilakukan pada tanggal 15-26 November 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia.

Metode pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan teknik acak bertahap atau multistage random sampling. 

Adapun, tingkat kesalahan /margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda