Survei LSJ: Elektabilitas Partai Perindo Salip PAN dan PPP

Felldy Utama ยท Selasa, 27 September 2022 - 15:30:00 WIB
Survei LSJ: Elektabilitas Partai Perindo Salip PAN dan PPP
Elektabilitas Partai Perindo menyalip dua partai parlemen (Foto: Partai Perindo).

JAKARTA, iNews.id - Survei dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis data terbaru elektabilitas partai. Partai Perindo mampu menyalip PAN dan PPP, berdasarkan survei yang diadakan September 2022.

Dalam data survei yang dirilis LSJ, Perindo peringkat kedelapan dengan elektabilitas sebesar 3,7 persen. Posisi Perindo tepat berada di atas dua parpol parlemen lainnya yakni PAN di posisi sembilan dengan elektabilitas 2,8 persen dan PPP di posisi kesepuluh dengan elektabilitas 2,1 persen.

"Dilihat dari ranking, belum ada perubahan signifikan dibandingkan survei LSJ bulan Februari 2022," kata Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto dalam rilis surveinya secara daring, Selasa (27/9/2022).

Sementara, kata dia, di posisi pertama masih diduduki oleh PDI-Perjuangan dengan elektabilitas sebesar 22,8 persen. Disusul, Partai Gerindra dengan elektabilitas 16,9 persen, Golkar 10,1 persen.

Selanjutnya, di posisi keempat ditempati Partai Demokrat dengan elektabilitas sebesar 10,1 persen. Kemudian, PKS dengan elektabilitas 7,3 persen.

Di posisi keenam ditempati PKB dengan elektabilitas 6,9 persen dan disusul oleh Partai Nasdem yang masih memperoleh elektabilitas 3,8 persen atau hanya berbeda 0,1 persen dengan Partai Perindo yang berada di bawahnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 10-20 September 2022 di 34 Provinsi di Indonesia. Pengumpulan data digunakan melalui wawancara dengan tatap muka secara langsung.

Adapun, jumlah responden yang ditetapkan dalam survei LSJ bulan September 2022 ini sebanyak 1.220 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Sementara, margin of error yang ditetapkan sebesar ±2,81 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda