Survei Poltracking: Harga STB Mahal Jadi Keluhan Utama Publik

Felldy Utama · Kamis, 08 Desember 2022 - 14:53:00 WIB
Survei Poltracking: Harga STB Mahal Jadi Keluhan Utama Publik
Survei Poltracking Indonesia menemukan mahalnya harga set top box (STB) sebagai perangkat untuk mendapatkan akses siaran televisi digital menjadi keluhan terbanyak oleh publik. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Survei Poltracking Indonesia menemukan mahalnya harga set top box (STB) sebagai perangkat untuk mendapatkan akses siaran televisi digital menjadi keluhan terbanyak oleh publik. Temuan ini terungkap dalam survei yang dilakukan pada bulan November 2022.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda memaparkan peralihan siaran televisi analog ke digital menjadi salah satu isu aktual yang belakangan mengemuka di tengah masyarakat. Untuk itu, lembaganya ingin memotret keluhan apa saja yang dirasakan publik atas kebijakan tersebut.

"Publik mengatakan harga peralatan tv digital atau set top box yang mahal merupakan kendala utama dalam peralihan siaran tv analog ke tv digital," kata Hanta Yuda dalam paparan hasil surveinya secara daring, Kamis (8/12/2022).

Dalam data yang dipaparkan, keluhan publik atas mahalnya harga STB menduduki urutan teratas dengan angka sebesar 31,4 persen. Selanjutnya, keluhan atas kualitas signal digital tidak merata sebesar 16,4 persen. Sementara, di peringkat ketiga diisi oleh publik dengan keluhan akses channel terbatas dengan angka sebesar 10,1 persen.

"Publik mengatakan, tidak tahu atau tidak jawab sebesar 42,1 persen," ujarnya.

Untuk diketahui, survei Poltracking Indonesia ini dilakukan pada tanggal 21-27 November 2022 dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden. Jumlah sampel yang diambil dalam survei ini sebanyak 1.220 respoden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Sementara, margin of error yang ditetapkan dalam survei ini  sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda